blog untuk anak smk teknik kendaraan ringan atau khalayak umum yang ingin belajar otomotif

Saturday, 29 October 2016

KOMPONEN UTAMA SISTEM PENGISIAN BATERAI DENGAN REGULATOR KONVENSIONAL

Sistem pengisian terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu baterai,alternator, regulator, kunci kontak, dan kabel -kabel atau harness. Hubungan antarkomponen sistem pengisian ditunjukkan pada gambar di bawah. Berikut ini dijelaskanmasing-masing komponen sistem pengisian.

a.       Baterai
Baterai dalam sistem pengis ian berfungsi untuk memberikan energi listrik padasistem pengisian terutama untuk menghasilkan medan magnet pada rotor coil didalam alternator pada saat mesin belum hidup. Setelah mesin hidup, baterai berfungsiuntuk menyimpan energi listrik.

Gambar 1. Baterai




b.      Kuncikontak
Kunci kontak pada sistem pengisian berfungsi untuk menghidupkan danmematikan sistem pengisian atau menghubungkan dan memutuskan arus listrik yangmasuk ke rotor coil pada alternator.

Gambar 2. Kunci kontak

c.       Alternator
Alternator berfungsi untuk mengubah energi mekanik (putar) menjadi energilistrik. Pada bagian belakang alternator terdapat beberapa terminal. Terminal-terminaltersebut adalah terminal E, F, N (atau ada juga yang menuliskan terminal N denganmenggunakan notasi P) dan B alternator.

Gambar 3. Alternator



d.      Regulator
Regulator berfungsi untuk mengatur besar kecilnya arus yang masuk kekumparan rotor (rotor coil) atau untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor sehingga output alternator tetap stabil (13,8 V sampai 14,8 V)meskipun putaran mesin naik atau turun. Putaran mesin yang tinggi akan cenderungmenghasilkan tegangan yang tinggi, namun dengan adanya regulator pada saatputaran tinggi arus yang masuk ke kumparan rotor diperkecil atau dilangsungkan kemassa sehingga medan magnet pada kumparan rotor kecil. Saat mesin berputarlambat, tegangan alternator akan turun, namun pada kondisi ini regulator mengaturagar arus yang masuk ke kumparan rotor besar sehingga medan magnet padakumparan rotor kuat.Berdasarkan hal tersebut, maka tegangan output alternator akan selalu stabilbaik pada putaran rendah, sedang, maupun tinggi.


Gambar 4. Regulator 

KOMPONEN UTAMA SISTEM PENGISIAN BATERAI DENGAN REGULATOR KONVENSIONAL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: belajar otomotif smk

0 komentar:

Post a Comment