blog untuk anak smk teknik kendaraan ringan atau khalayak umum yang ingin belajar otomotif

Sunday, 30 October 2016

ALTERNATOR

KOMPONEN UTAMA ALTERNATOR

Komponen alternator terbagi menjadi dua bagian, yaitu komponen aktif dankomponen pasif. Komponen aktif adalah bagian dari alternator yang secara langsungberhubungan dengan proses terjadinya arus listrik pada alt ernator, yaitu kumparan rotor, kumparan stator, sikat, dan dioda penyearah. Komponen pasif dalam alternatoradalah komponen yang mendukung komponen aktif alternator yang ti dak secaralangsung dialiri arus listrik. Yang termasuk komponen pasif adalah puli, kipas,bantalan, rangka depan dan belakang, dan komponen -komponen kecil lainnya.


1)  Rotor dan kumparan rotor

Rotor terdiri dari poros rotor, kumparan yang dililitkan pada inti besi (kumparan rotor), batang-batang kutub (pole piece), dan cincin gesek (slip ring). Kumparan rotor(rotor coil) berfungsi untuk menghasilkan medan magnet.


   2) Kumparan startor
Kumparan stator (stator coil) berfungsi untuk menghasilkan arus bolak-balik(AC). Kumparan stator terpasang secara tetap pada inti stator dan terikat pada rumah alternator sehingga tidak ikut berputar (statis). Kumparan stator terdiri dari tigagulungan kawat berisolasi yang dililitkan pada slot di sekeliling rangka besi (inti stator).Setiap gulungan mempunyai jumlah lilitan yang sama. Ketiga gulungan kawat dililitkan secara saling bertumpuk berurutan untuk mendapatkan sudut fasa yang diperlukansehingga tegangan yang dihasilkan oleh tiap gulungan stator mempunyai sudut fasa yang berbeda sehingga output alter nator tersebut menjadi tiga fasa.


  3)Dioda
Dioda berfungsi untuk mengubah arus bolak -balik (AC) yang dihasilkan olehkumparan stator menjadi arus searah (DC). Karakteristik dioda yang hanya bisa dialiri oleh arus dalam satu arah saja dapat dimanfaatkan sebagai pen yearah arus.

  

ALTERNATOR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: belajar otomotif smk

0 komentar:

Post a Comment