blog untuk anak smk teknik kendaraan ringan atau khalayak umum yang ingin belajar otomotif

Sunday, 13 November 2016

Melakukan Penyetelan Klep (Katup)

Lingkup pekerjaan tune up tergantung dari ATPM kenderaan yang ada, dan akan mencirikan masing-masing ATPM, naumun demikian semua tujuannya adalah dalam rangka pelayanan purna jual (after sale servis). Pada modul ini akan diuraikan ruang lingkup dan kompetensi tune up secara umum yang nantinya diharapkan dapat disesuaikan pembelajar untuk jenis engine yang akan di tune up. Ruang lingkup dan kompetensi tune up secara umum adalah meliputi:

A.   Menyetel Katup
Engine standar dengan lifter mekanik masih membutuhkan penyetelan katup, dan tujuan penyetelan katup adalah;
pertama untuk menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dengan udara kedalam silinder untuk dikompresikan untuk pembakaran untuk memperoleh power yang diharapkandan pengeluaran.
Kedua untuk menjamin efisiensi pembuangan gas bekar pembakaran untuk keluar dari dalam silinder ke udara bebas melalui exhaust manifol. Ketiga adalah untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap silinder mendekati sama / sama.
Kesalahan dalam penyetelan katup dapat dikelompokkan seperti berikut:
    1. Stelan katup terlalu rapat akan mengakibatkan katup membuka lebih awal, hal ini akan dapat mengakibatkan tekanan kompresi  rendah dan kehilangan tenaga.
    2. Stelan katup terlalu renggang, dapat mengakibatkan katup membuka akan terlambat, hal ini akan mengakibatkan kuantitas pemasukan dan pembuangan rendah.
    3. Stelan katup antar silinder tidak sama maka pemasukan dan pembuangan tidak sama , hal ini dapat mengakibatkan engine hanting, karena power antar silinder berbeda sehingga engine bergetar, dan suara katup akan terdengar irreguler.

      Celah katup dapat distel antara tip rocker arms dengan tip batang katup atau antara rocker arms dengan bubungan (cam), adakalanya penyetelan katup dilakukan dengan shim plate. Penyetelan katup dilakukan dengan menempatkan torak no.1 pada akhir langkah kompresi, selanjutnya semua katup yang dalam kondisi bebas dapat disetel sesuai spesifikasi, kemudian memutar poros engkol satu kali putaran lagi dan menyetel katup yang tersisa belum disetel.
                                                         Posisi Top

                                    Proses Penyetelan Klep dengan Feeler Gauge

Cara menyetel katup adalah dengan melonggarkan baut mur penyetel katup pada katup yang akan disetel selanjutnya menyisipkan feeler gauge yang sesuai diantara tip rocker arms dengan tip batang katup setelah didapat celah yang tepat maka mur pengunci dikeraskan. Hal ini dilakukan pada semua katup

Melakukan Penyetelan Klep (Katup) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: belajar otomotif smk

0 komentar:

Post a Comment