blog untuk anak smk teknik kendaraan ringan atau khalayak umum yang ingin belajar otomotif

Thursday, 20 October 2016

Diesel Engine

Motor bakar diesel biasa disebut juga dengan Mesin diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar.

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi). Mesin diesel pada kendaraan otomotif sering digunakan pada mobil-mobil yang mempunyai kapasitas mesin yang besar, dan juga tenaga yang besar ( contoh ; Truk, tronton, fuso, bus dan kendaraan besar lainnya. ) hal ini dikarenakan mesin diesel cocok untuk penggunaan jarak jauh ( mesin diesel lebih tahan panas dibanding mesin bensin ) dan tenaga yang besar ( karena konstruksi mesin diesel rata-rata berkapasitas besar ).

Mesin diesel ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihatbiodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering



Apa perbedaan Mesin diesel dengan bensin???
1. PK (perbandingan kompresi)-untuk bensin hanya sekitar 1:10 dan untuk diesel bisa sampai 1:30 an....so jelas diesel engine lebih irit

2. bahan bakar, diesel pakai solar dan bensin ya pake bensin oktan 85-90an

3. sistem lebih simpel, karena tidak memakai sistem pengapian, penyalaan pd diesel engine terjadi dengan sendirinya akibat panas ruang bakar dan tekanan kompresi.

Cara kerja diesel engine hampir sama dengan motor 4 tak (bahkan ada yang 2 tak), perbedaan hanya ketika langkah hisap, yang dihisap bukan bahan bakar dan udara namun hanya udara untuk motor diesel.



Langkah Hisap

Langkah hisap yaitu torak bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Udara (ingat yang diisap pada mesin diesel adalah UDARA saja) dihisap melalui katup atau saluran hisap. Sehingga katup hisap dalam kondisi membuka dan katup buang dalam kondisi tertutup.

Langkah Kompresi

Cara kerja mesin diesel pada langkah kompresi, ketika torak atau piston bergerak dari TMB menuju TMA, udara murni tersebut dipampatkan atau dikompresikan seiring dengan bergeraknya katup ke TMA. Posisi katup hisap dan katup buang tertutup. Dengan kompresi ini maka suhu udara dan tekanan udara meningkat atau naik drastis.

Langkah Usaha

Cara kerja mesin diesel pada langkah usaha, meneruskan langkah kompresi, kemudian beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA, bahan bakar solar disemprotkan atau diinjeksikan oleh pengabut ke dalam ruang bakar sehingga bercampur dengan udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi tadi, maka terjadilah pembakaran. Pada langkah usaha ini, piston mulai bergerak dari TMA menuju TMB akibat adanya dorongan hasil ledakan proses pembakaran. Pada saat terjadi pembakaran katup hisap dan katup buang keduanya menutup. Namun diakhir atau menjelang akhir langkah usaha, katup buang mulai membuka.

Langkah Buang

Cara kerja mesin diesel pada langkah buang, ketika piston akan sampai atau menjelang sampai di TMB, katup buang mulai terbuka sehingga gas sisa hasil pembakaran terbuang dan kemudian piston bergerak lagi dari TMB ke TMB mendorong gas sisa pembakaran keluar sehingga bersih dari gas sisa pembakaran.

Demikianlah artikel tentang prinsip kerja motor atau mesin diesel dan cara kerjanya, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!


Diesel Engine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: belajar otomotif smk

0 komentar:

Post a Comment